Minggu, 16 Oktober 2016

Jurus Jitu Perawatan Anggrek Hitam & Manfaat Anggrek Hitam

Anggrek adalah salah satu jenis tanaman hias yang banyak digemari orang, salah satu yang disukai orang, yakni anggrek hitam. 


Bunga anggrek hitam merupakan salah satu spesies dari anggrek yang akan mendekati kepunahan, sehingga bunga anggrek yang satu ini termasuk tanaman dilindungi. Anggrek hitam memiliki manfaat yang beragam untuk kesehatan dan keberadaannya sudah hampir punah dari habitat yang aslinya. Oleh karena itu, bunga dilindungi oleh pemerintah Indonesia karena termasuk ke dalam jenis anggrek yang merupakan tanaman endemik. Anggrek hitam ini hanya terdapat di Kalimantan, akan tetapi lebih tepatnya berada di propinsi Kalimantan timur yang merupakan maskot.


Anggrek hitam memiliki nama latinnya, yaitu coelogyne pandurata memiliki lidah atau disebut juga dengan labellum yang berwarna hitam yang terletak pada kelopak bunga. Daunnya menjulur ke atas bunga dan memiliki bulb cukup besar pada bagian bawah.

Dikalangan pecinta tanaman anggrek hitam ini tidak asing lagi ditelinga Anda bukan, bahkan di Kalimantan Timur, anggrek ini dijadikan maskot provinsi tersebut. Karena keunikannya yang dimiliki anggrek hitam kini telah banyak dibudidayakan.




Perawatannya sendiri memerlukan perhatian khusus, karena melihat harga anggrek jenis tergolong tanaman yang mahal. Perlu Anda ketahui beberapa cara untuk merawat anggrek hitam agar tetap tumbuh dengan subur.

Merawat anggrek hitam tidak boleh sembarangan. Salah satu cara merawatnya adalah tempat kan bunga ini terkena pancaran sinar matahari yang cukup. Karena pancaran sinar matahari sangat dibutuhkan dalam proses fotosintesis tanaman ini, tapi usahakan jangan terlalu terik terpancar sinar matahari karena akan membuat bunga anggrek layu bahkan mati.

Seperti tanaman pada umumnya bunga anggrek hitam pun juga memerlukan pupuk agar tetap tumbuh dengan subur. Jangan asal sembarangan memberikan pupuk, Anda dapat memberikan pupuk khusus anggrek atau pupuk yang khusus diperuntukkan untuk tanaman-tanaman bersuhu tropis, usahakan kelembaban bunga ini tetap terjaga.

Penyiraman bunga anggrek dapat dilakukan dua kali sehari untuk anggrek hitam yang masih muda, berbeda dengan anggrek dewasa yang hanya memerlukan penyiraman satu kali sehari yang dilakukan pada pagi hari. Tidak sulit bukan cara merawatnya, bunga ini masih menjadi primadona di Indonesia karena pesona dan keindahannya.


Manfaat Anggrek Hitam Untuk Kesehatan

Seperti bunga anggrek yang pada umumnya, bunga anggrek hitam dipakai sebagai tanaman yang disimpan untuk hiasan. Daun anggrek ini memiliki bentuk yang seperti tunas pada kelapa muda, dan bulbnya memiliki dua buah daun. Bunga ini memang termasuk langka, sehingga harganya menjadi mahal dan hanya dapat dibeli oleh beberapa orang yang memiliki budget tinggi saja. Lokasi yang teduh membuat anggrek hitam dapat tumbuh.

Beberapa Manfaat Yang Dimiliki Anggrek Hitam
Berikut ini ada beberapa manfaat yang dimiliki oleh anggrek hitam, yaitu:

Sebagai bunga hias
Semua jenis anggrek memang pada umumnya memiliki manfaat sebagai tanaman hias karena pesona yang dimilikinya sangat indah termasuk anggrek hitam yang dijadikan sebagai hiasan di rumah. Akan tetapi, untuk urusan harga anggrek ini memiliki harga yang tinggi apabila bentuknya semakin indah.

Sebagai simbol untuk kemewahan
Di beberapa negara bunga anggrek hitam adalah bunga yang menjadi simbol untuk kemewahan yang menempati posisi kedua setelah mawar merah. Di Yunani dan juga di Tiongkok, bunga anggrek hitam ini dijadikan simbol untuk kejantanan dan dipercaya berasal dari harumnya tubuh kaisar. Pada zaman modern, anggrek jadi salah satu simbol yang menyatakan simbol romantik dan juga cinta.

Sebagai obat herbal
Pada berabad-abad tahun yang lalu, anggrek digunakan untuk obat herbal yang dapat mengobati berbagai jenis penyakit. Anggrek hitam dijadikan sebagai obat herbal pada tahun 2800 sebelum masehi dan dimanfaatkan oleh orang-orang Tiongkok. Ada pula beberapa jenis anggrek lainnya yang berasal gastrodia, sehingga dimanfaatkan untuk tanaman herbal.

Demikianlah beberapa manfaat yang dimiliki oleh bunga anggrek hitam dan sering dimanfaatkan oleh kebanyakan orang, bukan hanya di Indonesia melainkan di dunia. Manfaat utama dari bunga anggrek hitam memang sebagai hiasan, akan tetapi dibalik keindahannya bunga ini dijadikan sebagai bunga yang memiliki manfaat untuk kesehatan sebagai obat herbal.

Sumber : Pertanianku & Casavina Florist

Tidak ada komentar:

Posting Komentar