Kamis, 06 Oktober 2016

Menanam Pohon Buah-buahan dengan Teknologi PlanterBag

Menanam tanaman buah-buahan dalam pot atau dikenal dengan istilah Tabulampot biasanya dilakukan oleh mereka yang mempunyai lahan terbatas di halaman rumahnya, ataupun mereka yang ingin mobile dan praktis dalam memindah-mindahkan tanamannya. Bukan Cuma di halaman rumah, kini di hotel-hotel pun terkadang kita temui adanya pohon buah-buahan yang sedang ranum berbuah dan itu semua ditanam di dalam pot.


Kelemahan pot plastik yang sering dipakai adalah sering mudah pecah setelah masa waktu tertentu karena paparan sinar matahari yang terus-menerus, dan kelemahan drum adalah sering terjadi korosi terutama di dasar pot dan akhirnya Cuma bertahan 1 – 2 tahun. Kini ada cara lebih mudah, lebih kuat dan ekonomis dalam mengatasi kelemahan berTambulapot dengan Pot Plastik dan Drum, yaitu memakai Teknologi terbaru PLANTER BAG, dengan bahan sejenis plastik terpal akan tetapi dengan teknologi tertentu mempunyai keunggulan-keunggulan disbanding pot plastic dan drum. Dan produk ini telah dipakai di berbagai Negara-negara di Eropa, Timur Tengah, Australia, New Zealand dan U.S.A.


Dari segi harga juga, planter bag lebih ekonomis dimana kapasitas 200 Liter setara dengan pot bekas Drum dari besi dengan harga pasaran paling murah Rp. 50.000. Dari segi daya tahan biasanya umur dari Drum sekitar 2 tahun dan bila sering diberikan pupuk kimia maka akan lebih cepat. Sedangkan planter bag minimal 5 tahun dan berpotensi sampai 10 tahun. 

Selain itu karena adanya pegangan (handle) sehingga bisa diangkat oleh lebih dari 2 orang sehingga mengurangi beban mengangkatnya. Juga dalam hal penyimpanan lebih effisien dibandingkan pot biasa atau drum karena bisa dilipat sehingga dalam penyimpanan dimensinya jauh lebih kecil


Begitu juga dengan pertumbuhan akar dimana didalam pot biasa akar akan berkeliling sesuai dengan luas dari pot. Sedangkan dengan planter bag karena ada rongga-rongga kecil diseluruh permukaan sehingga tanah pun bisa bernafas dan mengeluarkan air yang berlebih sehingga pertumbuhan akar lebih baik. Bisa dilihat dengan gambar dibawah dimana sebelah kiri adalah tanaman yang ditanam di pot dan sebelah kanan ditanam di planter bag dengan dimensi isi yang sama.




Planter Bag pun sudah teruji di berbagai macam negara dengan musim atau cuaca yang ekstrim seperti salju yang sangat dingin sekali maupun di padang gurun dimana sangat panas sekali 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar