Rabu, 19 Oktober 2016

15 Khasiat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan dan Kecantikan




Hayo hari gini siapa yang belum mengetahui manfaat buah naga merah? Rugi banget deh kalau Anda belum mengetahui khasiat buah naga merah ini. Namun tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulas beberapa manfaat buah tersebut.

Buah naga atau sering disebut pitaya sebenarnya berasal dari benua Amerika. Buah satu ini banyak terdapat di daerah Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Akan tetapi buah naga sekarang ini sudah menyebar keseluruh penjuru dunia, termasuk salah satunya di negara Indonesia.

Istirahat buah sendiri berasal dari sebutan Thang Loy (bahasa Vietnam), kemunculan sebutan tersebut dilatarbelakangi karena memang jaman dahulu bangsa Vietnam memiliki kebudayaan dekat dengan China. Biasanya buah satu ini diletakan diantara dua patung naga, dari sinilah buah tersebut disebut dengan buah naga atau dragon fruit.

Jenis Buah Naga di Dunia


Buah naga tidak hanya memberikan manfaat bagi bangs Vietnam dan China saja, tetapi manfaat buah naga sekarang ini juga bisa dirasakan semua kalangan. Baik itu anak-anak, remaja, dewasa, bahkan sampai ibu hamil dan menyusui.

Mungkin banyak diantara kita yang mengenal jenis buah naga hanya ada dua, yakni buah naga merah dan putih. Namun sebenarnya jenis buah naga itu sendiri ada 4, perbedaan tersebut didasarkan pada warna kulit. Keempat buah naga tersebut antara lain.

- Hylocereus undatus: jenis buah naga yang memiliki kulit merah dan daging buah putih. buah naga jenis satu inilah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

- Hylocereus polyrhizus: buah naga satu ini memiliki warna kulit pink atau merah muda, sedangkan daging buahnya memiliki warna yang merah.

- Selenicereus megalanthus: kulitnya berwarna agak sedikit kuning dan daging buahnya memiliki warna putih (mirip jenis pertama).

- Hylocereus costaricensis: jenis buah naga yang memiliki kulit dan daging buah berwarna merah. Bahkan warna merah antara daging dan kulit buah sangatlah pekat sekali.

Meskipun berbeda jenisnya, akan tetapi khasiat buah naga tersebut pada dasarnya sama. Munculnya manfaat buah naga yang besar berasal dari kandungan nutrisi di dalam buah naga tersebut.

Adapun kandungan nutrisi dalam buah naga merah antara lain seperti serat, vitamin C, B1, mineral essens, asam folat, karoten, dan masih banyak lagi. Berikut ini saya akan membahas satu per satu mengenai manfaat buah naga tersebut, baik bagi kesehatan maupun kecantikan.

Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan Tubuh

1. Mencegah kanker

Inilah khasiat buah naga merah yang paling menakjubkan. Seperti kita ketahui bersama, kanker merupakan penyakit mematikan nomor 2 setelah serangan jantung. Kanker sangat sulit diobati, namun bisa Anda cegah dengan konsumsi buah naga merah ini.

Menurut penelitian di Universitas of Chicago dari Amerika Serikat, buah naga mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi. Manfaat antioksidan itu sendiri adalah mampu menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel pemicu pertumbuhan kanker.

Bisa dikatakan kandungan antioksidan dalam buah naga hampir sama dengan kandungan antioksidan di dalam buah manggis yang cukup fenomenal itu.

2. Mengurangi resiko penyakit diabetes

Diabetes dapat muncul disebabkan karena kadar gula dalam darah yang cukup tinggi, semakin tinggi kadar gula darah, maka semakin tinggi resiko Anda terkena penyakit diabetes.

Akan tetapi tidak perlu khawatir, Anda dapat menekan resiko diabetes tersebut dengan cara mengonsumsi buah naga secara rutin. Dengan kandungan vitamin B1 dan kadar glikemik indeks yang rendah, kadar gula dalam darah Anda tidak akan naik malahan bisa turun.

Konsumsi buah naga sangat saya anjurkan bagi Anda yang memiliki riwayat keluarga penderita diabetes. Sebab seorang yang berasal dari riwayat keluarga sebagai penderita jauh 6 kali lipat lebih beresiko terkena diabetes.

3. Mengurangi resiko penyakit jantung

Serangan jantung, kanker, dan diabetes merupakan penyakit-penyakit yang cukup mematikan. Sudah banyak sekali nyawa yang melayang setiap menit akibat dari penyakit tersebut.

Khasiat buah naga terkait jantung, buah satu ini mengandung kalium yang cukup tinggi. Kandungan mineral kalium ini dipercaya mampu melebarkan pembuluh darah, sehingga membuat kinerja jantung lebih ringan dalam mendistribusikan darah keseluruh bagian tubuh.

4. Menjaga kesehatan tulang

Kalsium dan fosfor merupakan nutrisi yang cukup baik untuk tulang, sebab kandungan mineral alami tersebut mampu mencegah keropos tulang atau osteoporosis. Selain mengonsumsi produk susu, Anda juga bisa mendapatkan nutrisi kalsium dan fosfor tersebut dengan konsumsi buah naga.

Menurut FAO (badan PBB yang mengurusi pangan), buah naga mengandung kalsium dan fosfor yang cukup tinggi. Bagi orang dewasa kandungan tersebut mampu memperkuat tulang, sedangkan bagi anak-anak usia 10 – 20 tahun kandungan tersebut mampu mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan menambah tinggi badan mereka.


5. Baik untuk kesehatan mata

Khasiat buah naga merah selanjutnya adalah baik untuk mata. Betakaroten dalam buah naga sangatlah tinggi, dikutip dari situs Merdeka kandungan betakroten tersebut sangatlah baik untuk merawat kesehatan mata secara alami dan mencegah degenerasi makula.

Radikal bebas seperti sinar UVA dan UVB sangatlah buruk bagi kondisi mata kita, sebab radiasi sinar tersebut berpotensi merusak sel-sel dan jaringan yang terdapat di dalam mata.
Namun Anda bisa mencegahnya dengan konsumsi buah naga, karena buah ini mengandung antioksidan tinggi yang mampu menangkal radikal bebas tersebut.


6. Baik untuk diet

Siapa hayo yang sedang menjalani program diet penurunan berat badan ? apabila Anda salah satunya, maka silahkan masukan buah naga merah kedalam menu diet seharian Anda.

Menurut para ahli gizi buah naga mengandung senyawa serat dan kalori yang cukup rendah, kandungan ini tidak akan membuat berat badan Anda menjadi naik. Malahan kandungan serat tersebut akan membantu menurunkan berat badan.

Untuk mendapatkan manfaat buah naga satu ini, silahkan konsumsi buah tersebut secara rutin minimal 1 butir setiap harinya. Anda bisa membuat jus buah naga agar tidak bosa ketika mengonsumsi buah tersebut.


7. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh sangatlah penting bagi kesehatan Anda, sebab apabila sistem kekebalan buruk berbagai macam penyakit akan sangat mudah menyerang tubuh. Baik itu penyakit yang bersifat ringan seperti flu, batuk, pilek, demam, maupun penyakit berbahaya seperti HIV/AIDS.

Menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dapat Anda lakukan dengan mengonsumsi buah naga secara rutin. Dalam buah ini mengandung senyawa vitamin C, protein, dan potassium yang cukup tinggi. Kandungan-kandungan inilah yang bermanfaat untuk sistem imun/kekebalan tubuh.


8. Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat buah naga merah yang menarik adalah mampu melancarkan sistem pencernaan Anda. Khasiat buah naga ini dapat muncul disebabkan karena adanya kandungan vitamin B1 dan serat terlarut yang cukup tinggi. 

Tidak hanya mampu melancarkan sistem pencernaan saja, tetapi kandungan nutrisi tersebut juga mampu mengatasi adanya masalah pencernaan seperti susah BAB, diare, disentri, dan masih banyak lagi


9. Mampu menjaga kesehatan gigi

Kandungan kalsium dan fosfor pada buah naga tidak hanya berkhasiat bagi tulang saja, namun kandungan tersebut dipercaya juga cukup berkhasiat untuk merawat kesehatan gigi Anda secara alami.

Gigi berlubang, gigi ngilu, dan bahkan gusi berdarah merupakan masalah yang dapat diatasi dengan mengonsumsi buah naga secara rutin. Namun ketika membuat jus buah naga, jangan menambahkan gula. Sebab gula akan membuat gigi Anda mudah keropos dan berlubang.

10. Mendeteksi adanya borak dan formalin

Sekarang ini banyak sekali makanan yang mengandung bahan pengawet berbahaya, bahan pengawet tersebut antara lain seperti borak dan formalin. Biasanya makanan yang mengandung pengawet tersebut adalah tahu, bakso, mie, daging, dan masih banyak lagi.

Anda bisa melakukan pengecekan kandungan borak dan formalin dalam makanan dengan menggunakan jus manggis. Misalnya masukan tahu kedalam air rendaman yang sudah diberi sedikit jus manggis.

Setelah 15 menit berlalu, cobalah amati air yang dalam rendaman tahu tersebut. Apabila Anda masukan tisu kedalamnya tisu berubah menjadi merah, itu berarti makanan tersebut mengandung formalin.

11. Baik untuk ibu hamil

Manfaat buah naga untuk ibu hamil juga cukup besar sekali. Hal ini terjadi karena buah naga mengandung asam folat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin agar tetap sehat.

Selain membantu menjaga kesehatan janin dan ibu hamil, kandungan dalam buah naga tersebut juga cukup efektif untuk mengoptimalkan pertumbuhan janin dalam kandungan.
Agar Anda mendapatkan khasiat buah naga bagi kehamilan, konsumsi jus buah naga sejak awal trimester pertama sampai melahirkan.

Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kecantikan Kulit


12. Mencegah penuaan dini

Penuaan dini merupakan salah satunya penyebab kita tampak lebih tua. Adapun tanda penuaan dini antara lain seperti keriput, kerutan, garis-garis, kendor, dan masih banyak lagi. Munculnya tanda penuaan dini tersebut dapat disebabkan karena pengaruh radikal bebas.

Untuk menangkal radikal bebas dan mencegah penuaan dini, Anda dapat mengonsumsi jus buah manggis secara rutin. Dengan kandungan antioksidannya yang cukup tinggi, buah satu ini akan membantu kulit Anda dalam menangkal radikal bebas.

Namun untuk hasil perawatan yang lebih maksimal, Anda juga dapat menghaluskan daging buah naga dan menggunakan sebagai masker wajah secara rutin setiap harinya.

13. Mengoptimalkan regenerasi sel kulit baru

Peremajaan sel-sel kulit tidak akan terlepas dari yang namanya regenerasi. Dengan adanya regenerasi sel kulit baru, maka wajah Anda akan terlihat lebih cerah dan bersinar dari pada biasanya.

Khasiat buah naga untuk regenerasi ini bisa Anda dapatkan dengan cara menggunakan masker buah naga yang telah dicampurkan dengan madu alami. Cukup gunakan selama 30-60 menit sehari untuk kulit cerah dan cantik.

14. Menghaluskan kulit secara alami

Kulit kasar dapat muncul disebabkan karena adanya penumpukan sel-sel kulit mati di permukaan wajah. Buah naga mengandung vitamin C, protein, dan asam folat yang sudah dipercaya sangat efektif untuk melarutkan sel-sel kulit mati tersebut.

Untuk mendapatkan khasiat buah naga ini, Anda dapat menghaluskan buah tersebut dan menggunakan sebagai masker scrubing. Namun saya sarankan mencampurnya dengan jeruk nipis.

Sebab kandungan vitamin C pada jeruk nipis jauh lebih tinggi dan efektif untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati tersebut.

15. Bantu hilangkan bintik hitam

Manfaat buah naga untuk kecantikan terakhir adalah mampu menghilangkan bintik hitam bekas jerawat. Munculnya bintik hitam ini juga salah satunya disebabkan karena sel kulit mati di lapisan epidermis.

Konsumsi jus buah naga akan membantu menghilangkan flek hitam tersebut dari dalam, sedangkan dari luar Anda dapat menggunakan masker buah naga secara rutin setiap sehabis mandi selama 30 menit.

Itulah beberapa khasiat buah naga merah bagi kesehatan dan kecantikan. Dapatkan semua manfaat buah naga tersebut dengan cara mengonsumsi dan menggunakannya sebagai perawatan secara rutin setiap harinya.

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda... !

Sumber : Cantik Itu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar